Month: September 2015

Sekedar Review : MatahariMall.com

mataharimall

MatahariMall.com adalah salah satu market place di Indonesia dibawah naungan Lippo Group yang konon bakal menjadi #1 eCommerce website di Indonesia — begitulah kalimat yang sering muncul di media promosinya. Saya termasuk salah satu yang berharap harap cemas menanti launching market place ini dengan rasa penasaran. Bagaimana tidak, Matahari sendiri secara offline sudah mempunyai market place yang sangat luar biasa, bagaimana jika versi onlinenya? Dan saya juga yang termasuk mbatin “iki ketoke bakal sangar”.

Beberapa hari lalu, untuk kesekian kalinya saya menelusuri alamat mataharimall.com dan mencoba melakukan pemesanan disana, belum ada yang salah dengan sistemnya. Iseng saya cek source melalui brower, baru tau kalau engine-nya menggunakan Drupal. Dengan nilai investasi yang konon $500 juta, dan dibanding dengan engine Drupal, sepertinya sangat jauh dari ekspektasi saya.

Sempat saya telusuri di Google, baru baru ini MatahariMall ini sedang membuka lowongan senior PHP developer, yang requirementnya adalah yang berpengalaman menggunakan Magento / Symphony. Magento sendiri adalah salah satu CMS E-Commerce yang berbasis Zend Framework yang sangat populer dan juga tersedia open source-nya. Menurut saya, penggunaan Drupal sebagai engine adalah keputusan yang terburu buru. Buru buru kudu cepat launching 😀

Dan sepertinya, MatahariMall sedang mengembangkan MORIS, atau Mataharimall Online Retail Information System yang sebelumnya beralamat di moris.mataharimall.net/login dan saat ini beralamat di seller.mataharimall.com/login. Kemudian saya lihat lagi, MatahariMall adalah salah satu portfolio dari Accomerce, dan memang menurut kabar burung yang saya dapat, MatahariMall memang akan menyerahkan pengembangannya ke Accomerce.

Awal tahun 2000 kalau engga salah, Lippo pernah membuat lippomall.com atau lipposhop.com (?) dan gagal, apa mungkin bakal mengulang kesalahan di masa lalu? Walaupun saat ini MatahariMall membanggakan dengan konsep O2O (Online to Offline), tapi jangan lupa, Mitra Adi Perkasa sekarang ini juga sedangan membangun MapeMall yang konon bakal jadi kompetitornya MatahariMall.

Satu lagi, buat MatahariMall, jangan lupain masalah keamanan website ya, karena sudah ada sekitar 7200an transaksi, jangan cuma kenceng di promo aja 😀 #serius #kode

Situs Ticket Box Palsu Konser Bon Jovi

Menurut berita dari website Rolling Stone Indonesia yang di publish hari ini (2/9/15) tentang situs ticket box palsu (baca: disini), lalu saya penasaran menuju situs yang di maksud di http://ticketbonjovi.com/bonjovi-live-in-jakarta dan ternyata masih online. Berdasar berita dari Rolling Stone Indonesia, total kerugian mencapai 100 juta rupiah dari 27 pembeli yang tertipu. Akhirnya saya penasaran untuk menelusuri situs tersebut.

Tercatat, menggunakan privacy protect domain, dan baru terdaftar pada tanggal 24 Juli 2015. Sedangkan hostingnya berada di downtownhost.com berdasar dari name servernya. Nomor telp yang ditampilkan di website adalah 021-40797979 dan sepertinya palsu.

Tampaknya ini website sudah mengalami perubahan desain, terlihat dari cache nya terpublish nama Customer Care nya,

1. Hari Pratomo
2. Kurlina Eswanti
3. Juno Nurkolis
4. Intan Sirtantu

Berdasar data tersebut, saya mendapatkan informasi alamat Waru Sidoarjo Jawa Timur, dan nomor HP 03170749170. Selanjutnya di info lain, mendapatkan info Ruko Perum. Mutiara Citra Asri Blok E1 No. 4 Sumorame, Candi, Sidoarjo. Dan beberapa dari nama tersebut terlibat dalam website http://ppdb.smkn1jtb.sch.id

Oh ya, halaman login adminnya berada di http://www.ticketbonjovi.com/adminT/user/login dan website ini dibuat menggunakan framework Laravel serta menggunakan SximoBuilder, dan (mungkin) menggunakan shared hosting, terlihat dari path directory berada di /home/ticketbo/public_html

Dari beberapa informasi yang didapat, sepertinya sekumpulan ini adalah penyedia layanan pembuatan website dan penyedia hosting.

 

© 2017 Sekedar Catatan

Theme by Anders NorenUp ↑