Acara pelepasan ribuan lampion Waisak di Borobudur adalah salah satu event yang ditunggu tunggu. Selain karena event yang menarik juga pasti foto fotonya Instagram-able. Dan sudah dipastikan pelataran Borobudur akan dipadati ribuan pengunjung setiap moment Waisak ini. Karena sudah tau bakal ramai, saya mencari alternatif lain.

Puncak Bukit!

Borobudur

Tapi bukan Bukit Punthuk Setumbu yang baru saja lebih tersohor gara gara jadi salah satu destinasi di film AADC2. Ga kebayang deh untek-untekan nya Punthuk Setumbu kemarin saat Waisak :))

Saya memilih bukit di sebelahnya, Bukit Purwosari.

Bukit Purwosari

Bukit Purworsari atau yang sebelumnya dikenal sebagai Bukit Cemuris, berada disebelah Bukit Punthuk Setumbu atau persisnya ada di utaranya. Lokasi menuju kesana memang agak susah karena informasi yang sedikit yang didapat tentang lokasi ini. Sebenarnya cukup menuju arah Gereja Burung lalu terus saja, dan jangan lupa aktifkan GPS (Gunakan Penduduk Setempat). Saya pun sempat kesasar, padahal mata kuliah pemetaan dulu dapet A lho 😐

Oh ya, kalau berangkat saat malam hari kudu hati hati, apalagi setelah hujan turun. Jalanan yang sebagian besar masih berupa tanah dipadatkan, cukup licin. Selain itu yang kanan kiri kebun yang nyaris mirip hutan.

Pertama yang harus kamu lakukan untuk menuju ke Bukit Purwosari adalah menuju Gereja Burung, lalu baru tanya penduduk setempat arah menuju Bukit Purwosari. Bahkan, beberapa penduduk setempat pun yang saya tanyai tidak tau apa itu Bukit Cemuris atau Bukit Purwosari.

Konon ada 3 rute menuju bukit ini, melalui gerbang Bukit Purwosari, melalui Gereja Burung dan melalui jalur Bukit Punthuk Setumbu.

5000 Lampion

 

 

Tahun ini konon panitia Waisak menerbangkan 5000 lampion yang termasuk dalam rangkaian acara Waisak di Borobudur. Kalau saya amati sih, memang ada kayaknya 5000 lampion yang diterbangkan. Sayang sekali, ketika lampion mulai diterbangkan, kabut cukup tebal menutupi disekitar Borobudur.

Alternatif Sunrise Borobudur

Borobudur Sunrise dan Punthuk Setumbu sudah terkenal seantero Indonesia sebagai spot untuk menikmati sunrise di Borobudur. Apalagi sejak munculnya film AADC2, tambah mbludag aja Punthuk Setumbu. Bukit Purwosari ini bisa sebagai salah satu alternatifnya. Yang mana lokasinya jauh relatif sepi dibandingkan 2 tempat tersebut.