2

Seperti semangat yang diusung oleh Lingkar Alumni Indie Movie, untuk selalu menggerakkan calon generasi baru  perfilman indonesia, melalui workshop dan keterlibatan-keterlibatan dalam berbagai macam giat-giat perfilman secara intensif . Setelah Movie day, alumni-alumninya berkesempatan untuk turut andil dalam Indiemovie goes to cinema .

Lingkar Alumni Indie Movie goes to cinema, diawali dengan pembuatan film “Isyarat” pada 2013 , dan dilanjutkan dengan produksi “Urbanus Apartementus” oleh angkatan selanjutnya . Sebagai bentuk nyata , memberikan sumbangsih bagi perkembangan film Indonesia.

Untuk kegiatan lain diluar produksi, Lingkar Alumni Indie Movie juga turut ambil bagian dengan membuka booth di venue Jogja NETPAC Asian Film festival (JAFF) 2014 , yang berhadap-hadapan dengan booth Forum Komunitas.

Beberapa agenda yang telah dicanangkan oleh Lingkar Alumni Indie Movie , yakni Acting Challenge berupa tantangan untuk berakting dan dapat diikuti oleh siapa saja yang berminat dan Makeup Challenge yakni membuat riasan/makeup zombie dengan budget yang murah dan bahan-bahan yang mudah didapat .

Berlangsung pada 3 Desember 2014 pukul 14.00-17.00 , Acting challenge ini diikuti oleh 65 peserta dari berbagai daerah. Ada yang dari komunitas film yang memang berkunjung ke JAFF , atau para pemain teater dan juga masyarakat umum. Dari seluruh peserta yang bergabung kemudian akan dipilih dua peserta casting terbaik dengan hadiah berupa uang , masing-masing 1 juta rupiah.

Antusiasme peserta sangat baik, tampak sembari menunggu giliran tampil, mereka saling berlatih  peran yang mereka dapatkan berdasarkan script yang sudah disediakan panitia, serta menganalisa kelebihan dan kekurangan performer lainnya yang sudah tampil lebih dulu.

“Kegiatan ini merupakan cara dari Lingkar Alumni untuk memperkenalkan karya kami dan semakin dekat dengan penonton. Selain mengharuskan peserta memerankan karakter pemain di film kami, 6 finalis nantinya akan beradu akting dengan aktor kami” ungkap Indah Harahap , salah satu juri dalam acting Challenge.

Juri dalam challenge ini, ada 4 orang yang kesemuanya merupakan sutradara dari film Urbanus apartementus, Sebuah film multi-plot dan akan diputar dalam festival yang sama pada 4 Desember , pukul 19.00 di Empire XXI Yogyakarta.

Film Urbanus Apartementus, bercerita tentang kehidupan urban , bersetting pinggiran ibukota, dalam bangunan besar dan dipisahkan oleh tembok-tembok di setiap areanya. Dihuni oleh berbagai jenis karakter manusia yang saling berlalu lalang setiap hari, namun tak semuanya saling mengenal. Meski dalam lingkungan yang sama. Film ini menitik beratkan pada konflik-konflik yang terjadi didalamnya.

Masih ada beberapa kegiatan lainnya yang akan dilaksanakan oleh Lingkar Alumni Indie Movie.Baik di booth maupun di venue lain JAFF.  Bagi yang penasaran apa saja, boleh menyimak di lini masa