Lokasi Gereja Burung Di Film AADC 2

Udah pada nonton film AADC 2? Film yang banyak mengambil lokasi di Jogja, salah satunya di tempat kedai kopi tempatnya Pepeng. Nah dari lokasi lokasi ini yang menurut saya bakal jadi tempat ngehits bagi para traveler itu adalah di Gereja Burung di Magelang.

Gereja Burung

Sejarah Gereja Burung

Ada yang menyebutnya Gereja Burung, Geraja Ayam atau Gereja Merpati. Tapi biasanya oleh warga sekitar disebut Banyak Angkrem atau Angsa Mengeram. Gereja ini pertama kali dibangun oleh Daniel Alamsjah, yang berasal dari Jakarta. Konon Daniel Alamsjah mendapat pesan dari Tuhan untuk membuat rumah ibadah dengan merpati. Pada tahun 1989 saat perjalanan ke Magelang–kota tempat asal istrinya, melihat pemandangan perbukitan yang sama dengan yang ada di mimpinya.

Setahun kemudian dia membeli tanah disana seluas 3000 meter persegi dengan harga sekitar 2 juta. Pembayarannya pun di cicil hinggal lunas sampai 4 tahun selanjutnya. Hanya saja karena keterbatasan biaya, terlebih saat krisis moneter 1998, bangunan itu berhenti pengerjaannya dan terbengkalai sampai sekarang.

Konon, bangunan itu juga sempat jadi tempat rehabilitasi untuk terapi anak cacat, pengguna narkoba, dll.

Bangunan gereja ini cukup besar, yang mana juga terdapat ruang bawah tanahnya. Ada banyak ruang di gereja ini, di ruang bagian atas yang luas itu digunakan sebagai aula, sedangkan ruang bawah tanahnya berfungsi sebagai kamar tidur dan kamar mandi. Total ada sekitar 15 kamar di ruang bawah tanah.

Lokasi Gereja Burung

Rute ke Gereja Burung searah ke Bukit Punthuk Setumbu sekitar 2,5 KM dari candi Borobudur, lebih tepatnya lokasi ini terletak di Dusun Gombong, Desa Kembanglimus, Kecamatan Borobudur, Magelang.

Untuk menuju kesana, dapat menitipkan motor di rumah warga dengan membayar uang parkir 2000 rupiah. Bedanya, saat saya kesana sekitar 2 tahun lalu, belum ada retribusinya, tapi sekarang ini untuk masuk ke Gereja Ayam dipungut 5000 rupiah untuk setiap pengunjung.

Setelah memarkir kendaraan, harus mengikuti jalan bebatuan menanjak yang kemiringannya cukup curam. Dan hanya dalam waktu 5 menit berjalan, kamu sudah dapat melihat bangunan Gereja Ayam. Cukup disayangkan kalau bangunan ini tak lepas dari aksi vandalisme terhadap bangunan gereja. Terdapat coretan pilox disana sini bahkan dengan kata kata seronok dan gambar cewek telanjang. Ga heran, kesan angker dan singup muncul dari bangunan ini.

Sekedar Review AADC 2

Ngomongin tentang film AADC 2, sangat disayangkan Rangga ga ngajakin Cinta buat extend sehari lagi dan nginep bareng. Padahal hampir 24 jam jalan bareng lho 😐

1 Comment

  1. yak tempat ini jadi hits setelah aadc2 tayang. hahaha

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*