Sandera Domain

Sebut saja Bunga, seorang relasi yang sedang bermasalah dengan domainnya. Jadi ceritanya, Bunga lupa untuk perpanjang domain blog nya, yang mana domain ini di pointing ke blogspot milik dia. Usut punya usut, saat beli domain di penyedia domain dan hosting — sebut saja N, Bunga disuruh untuk mendaftar free hosting di idhostinger. Singkat cerita, ketika akan perpanjang domain di penyedia N, Bunga di paksa untuk juga membeli hosting di penyedia N. Sedangkan Bunga tidak menggunakan hosting karena blognya di pointing ke blogpost. Alasan dari penyedia N, katanya hosting digunakan untuk pointing ke blogpost.

Sedangkan sepemahaman saya, pointing domain ke blogpost (custom domain) memerlukan A Record dan CNAME, yang mana bisa di pasang di panel domain maupun panel hosting. Yang saya heran, kenapa harus dipaksa membeli hosting, jika melalui panel domain pun bisa memasang A Record dan CNAME nya.

Akhirnya saya arahkan Bunga untuk menjelaskan ke CS N bahwa beli domain saja harusnya boleh, tanpa dipaksa membeli hostingnya juga. Meskipun pada akhirnya CS nya membalas dengan ketus dan mengiyakan permintaan Bunga, hanya saja ternyata domain Bunga sudah melewati masa tenggang, dan harus menunggu 3 bulan lamanya.

Saat saya meminta Bunga untuk menanyakan panel domainnya kepada CS, CS pun menjawab bahwa panel domain ini ada jika telah membeli hosting terlebih dulu. Ini Lucu :))

“Pembebasan Lahan”

Selama ini, saya cukup sering di minta untuk melakukan “pembebasan lahan” dari para klien maupun teman, dikarenakan pengembang atau pengelola websitenya kabur, atau menahan domain serta hosting yang berujung minta bayaran dan sebagainya. Sesungguhnya, domain dan hosting ataupun akun lain yang terkait dengan kontrak pembuatan website, adalah milik klien dan seharusnya di serahkan ke klien. Dan entah kenapa cukup banyak pengembang yang nakal seperti ini.

Jadi buat para pemilik website, hendaklah meminta panel domain dan hosting kepada developer atau pengembang websitenya, karena itu adalah hak pemilik website.

4 Comments

  1. Di warung saya, pelanggan punya akses langsung ke panel domain lho 😀
    *malah dodolan*

  2. Sandera sama Bunga cakepan mana sama CSnya N?

  3. wis tau neng bakul anu meh transfer neng registrar liyo ra ulih 😐

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

© 2018 Sekedar Catatan

Theme by Anders NorenUp ↑